Analisa kekuatan, kelemahan, peluang, serta ancaman atau yang biasa kita
sebut sebagai SWOT adalah salah satu cara paling umum dalam penyusunan strategi
suatu perusahaan, penjualan produk, maupun ide bisnis yang baru.
Sebelum masuk ke dalam materi cara pembuatan serta contoh analisa SWOT,
ada baiknya kita mengerti fungsi dari analisa SWOT itu sendiri.
Mengapa Analisis SWOT Dibutuhkan
Dalam konteks organisasi, bisnis, usaha, ataupun
kepribadian diri, kita memiliki tujuan-tujuan yang ingin dicapai. Otomatis kita
membutuhkan strategi yang baik dalam mewujudkan tercapainya semua tujuan
tersebut.
Jika kita berbicara bisnis misalnya, maka diantara
tujuannya ialah mengakuisisi market lewat produk dan jasa yang kita tawarkan.
Dalam konteks personal, maka SWOT dapat kita gunakan untuk pengembangan diri
ataupun karir dalam jangka panjang.
Pengertian dan Cara Membuat Analisis
SWOT
Secara umum, analisa SWOT dapat dibagi ke dalam dua
kategori, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal
tersebut meliputi Strength (Kekuatan) dan Weakness (Kelemahan), sedangkan
faktor eksternal meliputi Opportunities (Peluang) dan Threats (Ancaman).
Berikut penjelasan dan panduan dasar dalam pembuatan
keempat komponen tersebut:
Strength (Kelebihan)
Strength merupakan situasi atau kondisi yang merupakan
kekuatan yang dimiliki oleh perusahaan atau organisasi yang bisa memberikan
pengaruh positif pada saat ini atau pun di masa yang akan datang. Analisa ini
dapat diisi menggunakan panduan berikut:
- Kelebihan apa yang dimiliki oleh perusahaan atau
organsiasi kita?
- Apa yang membuat perusahaan atau organisasi kita
lebih baik dari perusahaan atau organisasi lainnya?
- Keunikan apa yang dimiliki oleh perusahaan atau
organisasi kita?
- Apa yang menyebabkan perusahaan kita mendapatkan
penjualan?
- Apa yang dilihat atau dirasakan oleh konsumen
kita sebagai suatu kelebihan?
Weakness (Kelemahan)
Weakness merupakan situasi atau kondisi yang merupakan
kelemahan yang dimiliki oleh perusahaan atau organisasi yang bisa memberikan
pengaruh negatif pada saat ini atau pun di masa yang akan datang. Analisa
ini dapat diisi menggunakan panduan berikut:
- Apa yang dapat kita tingkatkan dalam perusahaan
atau organisasi?
- Apa saja yang harus dihindari oleh perusahaan
atau organisasi kita?
- Faktor apa saja yang menyebabkan kehilangan
penjualan?
- Apa yang dilihat atau dirasakan oleh konsumen
sebagai suatu kelemahan perusahaan atau organisasi kita?
- Apa yang dilakukan oleh pesaing sehingga mereka
dapat lebih baik dari perusahaan atau organisasi kita?
Opportunities (Peluang)
opportunities merupakan situasi atau kondisi yang
merupakan peluang atau kesempatan di luar perusahaan atau organisasi yang bisa
memberikan peluang untuk berkembang di kemudian hari. Analisa ini dapat
diisi menggunakan panduan berikut:
- Kesempatan apa yang dapat kita lihat?
- Perkembangan tren apa yang sejalan dengan
perusahaan atau organisasi kita?
Threats (Ancaman)
Threats merupakan ancaman-ancaman apa
saja yang mungkin akan dihadapi oleh perusahaan atau organisasi yang bisa
menghambat laju perkembangan dari perusahaan atau organisasi
tersebut. Analisa ini dapat diisi menggunakan panduan berikut:
- Hambatan apa yang sedang kita hadapi sekarang?
- Apa saja hal yang dilakukan oleh pesaing
perusahaan atau organisasi kita?
- Perkembangan Teknologi apa yang menyebabkan
ancaman bagi perusahaan atau organisasi kita?
- Adakah perubahan peraturan pemerintah yang akan
mengancam perkembangan perusahaan atau organisasi kita?
Contoh Analisa SWOT dalam Proposal
Bisnis Ekspor
Berikut contoh analisa SWOT dan penggunaannya dalam
proposal rencana bisnis ekspor dari perusahaan Indochemical Agrotech terkait
ekspor produk pupuk ke negara Malaysia.
Analisa SWOT Indochemical Agotech dalam Rangka Ekspor Pupuk
Indochemical Agrochemicals Technology merupakan usaha kecil dan menegah (IUKM) yang
bergerak dalam bidang produksi pupuk dengan target pasar ekspor.
Strength
|
Weakness
|
|
Faktor
Internal Perusahaan
|
Perusahaan
memiliki sosial value yang kuat Visi perusahaan didukung oleh latar belakang
keilmuan
Sistem
produksi bebas dari penggunaan bahan kimia
Kapasitas
produksi cukup untuk memenuhi kebutuhan ekspor
Memiliki
potensi pengembangan produk hasil pertanian lainnya
|
Belum
memiliki sertifikasi organik
Workshop
permanen masih perlu perbaikan
Belum
berpengalaman dalam ekspor-impor skala besar
|
Opportunity
|
Threat
|
|
Faktor
Eksternal (di luar perusahaan)
|
Sumber
bahan baku dan SDM melimpah
Kebutuhan
pupuk organik semakin meningkat
Regulasi
pupuk organik untuk masuk ke negara Malaysia tidak begitu rumit
|
Pupuk
vermikompos belum begitu dikenal di level industri
Pasar
pupuk di Malaysia telah didominasi produk dari Belanda, Thailand, dan China
|
Contoh di atas mengikuti format analisa swot dengan
membagi indikator ke dalam dua kategori terlebih dahulu yaitu faktor internal
perusahaan dan faktor eksternal. Contoh lain dari penulisan analisa SWOT dapat
dilihat pada 2 contoh lainnya di bawah ini.
Contoh Analisa SWOT dalam Proposal
Bisnis Kreatif
Berikut contoh analisa SWOT dan penggunaannya dalam
sebuah bisnis plan BamBoo Speaker. Produk kreatif aksesoris gadget ramah
lingkungan, pengeras suara smartphone berbahan dasar bambu.
Analisa SWOT Bisnis Plan Bamboo Speaker
Deskripsi Bisnis: Bamboo speaker dock merupakan produk aksesoris pengeras suara alami untuk smartphone yang
terbuat dari bahan bambu yang didesain untuk dapat mengeraskan suara
(amplifier) tanpa menggunakan listrik.
Strength
- Praktis digunakan dan mudah dibawa
- Unik dan belum ada di pasaran
- Green
Product – ramah lingkungan tanpa baterai
- Handmade
– nilai seni dengan buatan tangan
Weakness
- Spesifik untuk merk smartphone tertentu
- Suara tidak sekeras speaker listrik
Opportunity
- Belum banyak saingan
- Meningkatknya pengguna smartphone di Indonesia
- Tren Eco-lifestyle anak
muda masa kini
Threat
- Ancaman imitasi produk dari pihak luar
- Persaingan dari merk yang sudah terkenal
sebelumnya
- Model speaker smartphone yang sering berubah
Contoh Analisa SWOT Untuk Produk Bisnis Makanan
Berikut contoh analisa SWOT dalam proposal usaha makanan berbahan
dasar singkong yang diinovasikan dengan varian rasa serta pemasaran kekinian.
Analisis SWOT Produk Cassava Castle
Deskripsi Bisnis: Cassava castle berasal dari kata Cassava yang berarti singkong dan castle
yang berarti istana. Cassava castle merupakan sebuah perusahaan yang bergerak
di bidang makanan berbahan dasar singkong yang disajikan dalam cita rasa yang
bermacam-macam.
Strength
- Produk
memiliki nilai gizi tinggi
- Bahan
baku produk berpotensi untuk dihidangkan bersama seluruh jenis makanan,
baik makanan ringan maupun berat, baik rasanya asin ataupu manis
- Harga
terjangkau bagi semua kalangan
- Desain
kedai yang unik dan menyediakan fasilitas bermain bagi keluarga
Weakness
- Pada
awal pendirian kedai, pekerja kedai masih terbatas
- Desain
kedai yangBahan baku belum dapat diproduksi di lahan sendiri
- Harga
terjangkau bagi semua kalangan
- Desain
kedai yang unik dan menyediakan fasilitas bermain bagi keluarga
Opportunity
- Gaya
hidup masyarakat yang senang makan di luar rumah
- Kaum
sosialita cenderung mencari kuliner unik
- Bahan
baku mudah didapat karena banyak diproduksi di Indonesia
- Harga
bahan baku murah (harga beli rendah) Lokasi kedai mudah ditemukan
Threat
- Terdapat
pesaing makanan yang beraneka rasa walaupun berbahan dasar selain singkong
- Tantangan
dalam menemukan tenaga ahli di bidang tata boga dan kuliner
- Tantangan
untuk menemukan arsitek yang dapat mendesain interior kedai
- Bahan
baku belum dapat ditanam di lahan milik sendiri
itulah ketiga contoh analisa SWOT baik untuk
perusahaan maupun produk dari sebuah bisnis plan.
Download PDF DOWNLOAD
Dari : https://karinov.co.id/contoh-analisis-swot-perusahaan/
No comments:
Post a Comment